Bocah Dropout pindah ke Lulusan Cumlaude


Bocah Dropout pindah ke Lulusan Cumlaude

Yo, kali ini gw mau ceritain mungkin cerita gw dari awalnya di dropout dari kampus sampe akhirnya lulus jadi wisudawan cumlaude dikampus yang sama. Disini gw ceritain langsung dari pas gw ngerjain tugas akhir aja ya, hehe panjang banget, kacauuuu..

awal tugas akhir & pembimbing nov’22 (hifdzi, maudi, ibu hetti & gw)

November 2022 gw mulai kerjain tugas akhir sama temen gw Hifdzi Hisan, dia bagian designer/ilustrator, waktu itu gw kesulitan buat nentuin siapa yang bakalan jadi pembimbing gw, bahkan sekelas dosen dewa di pemograman mobile menolak gw (walaupun akhirnya pernah ngechat gw untuk menanyakan “udah dapet pembimbing?” tapi gw gabales) dan akhirnya w memilih wali dosen gw untuk menjadi pembimbing gw yaitu Ibu Hetti Hidayati.

kernel panic

Akhir januari 2023, leptop gw bermasalah ketika gw pengen kerjain tugas akhir, emang agak nyeselin juga sih, bener-bener kacaau, gw kagak prefer lu pake leptop Macbook Pro 2015, tapi wajar sih mungkin karena udah tua juga.

Tugas akhir gw sebenernya sudah mendekati 60%, tetapi karena kendala leptop yang buat gw males buat ngerjain tugas akhir.

Selama rusak gw juga minjem leptop cewek gw buat nyusun sampe bab 3 dan ngerjain test eprt/toefl buat kelulusan, karena cumlaude syaratnya harus melebihi 450 skornya.

Akhirnya gw pulang kerumah (bekasi) sama cewek gw, motoran dari bandung ke bekasi dan abis itu ke manggadua jakarta buat benerin leptop gw, kebetulan ada kenalan gw disana yang paham banget dengan komputer mac.

Gw awalnya udah mau benerin dibandung tapi mahal banget setara unit baru, kacauu, dan gw balik ke ruma dengan harapan harganya miring banget dan bisa dapet tambahan. Baru sampe rumah malah ditanya-tanyain abang w dirumah, w kira ditambahin malah diceramahin ini dan itu tapi okelah, w pengennya pake leptop sendiri tp dipinjemin gapapa, tapi ya gw pake leptop itu buat ngerjain rancangan aja sih, gw juga males pake barang orang, ngeri rusak.

cewek w dirumah dengan gitar w

Gw gak dengerin omongan abang w yang mungkin harus jual-jual barang buat bisa benerin leptop sendiri, w nekat pergi ke manggadua jakarta ketempat temen w buat benerin dan ternyata pas serpis uangnya gw ada, selesai serpis dan ambil leptop, gw kebandung lagi motoran siang, nyampe bandung magrib.

gw dan gandenk

Sebelumnya gw pernah cerita di story so far berandalan jenius tentang kucing gw gandenk, yang nama artikelnya “Kucing Oren Gandenk”. Selama ngerjain tugas akhir, gandenk selalu ada dikosan gw buat nemenin, galupa jg gw kasih makan sampe pipisnya gw siramin kalo pipis dikamar mandi, begadang tiap hari buat ngerjain kode program, kadang makan w kasih atau keluar gw bukain, tidur sama gw dikasur yang sama, sampe akhirnya 12 hari menjelang sidang dia ninggalin gw.

gw dan cewek gw

Cewek gw juga nemenin gw juga kadang, gw kadang gasempet makan atau keluar beli makan, cewe w dateng buat masakin gw makanan dan gw makan bareng ama dia, kacauu batt, tapi terimkaasih banyak, banyak ngerepoti, hehe.

Selalu nemenin gw sampe malem dikampus buat ngerjain tugas akhir, atau nulis kode program yang rumit, terimakasih banyak.

Gw kadang suka diskusi tentang sistem bagusnya gimana ama hifdzi, atau semisal saur bareng, setelah itu ngomongin sistem didepan kamar sampe pagi, kadang ngerjain bareng atau nanya-nanya cara benerinnya gimana.

Gw selama sama hifdzi suka berantem nanti baikan kalo ngerjain tugas akhir, tapi yaudah maklum gitu aja, kadang gw push dia sampe pagi, kadang kasihan juga, dia kadang suka bagi vitamin nya ke gw karena gw sering begadang buat ngerjain tugas akhir ini. Bahkan untuk desain antarmuka sendiri melenceng dari rancangan, karena nunggu hifdzi yang lama, tapi gw maklumin akhirnya w inisiatif untuk ngebangun antarmuka pake Material 3.

hifdzi

Selama monev (evaluasi) ke reviewer (kebetulan reviewer gw adalah kaprodi gw), ya aman-aman aja, kadang lucu aja ketika ngebahas tentang skor eprt, untuk bagian hifdzi kadang kocaknya di ujian pertama nilainya naik tapi galulus, ujian kedua malah turun dan masi galulus, kadang gw sama bocah-bocah di tongkrongan ketawain hifdzi, hahahha.

hifdzi sakit
dobel kerjaan & backup hifdzi

Akhir mei – awal juni 2023, hifdzi ngabarin gw kalo tangannya agak gak enak dan mau diperiksain kedokter, dan besoknya jalan kedokter ama temen w juga si wayan, gw sama cewek gw lagi asik nyusun lego, katanya lego itu hadiah ulangtahun cewek gw dari temen sirkelnya.

Lagi asik nyusun lego ama cewek gw, si hifdzi balik dan ngabarin hasil diagnosis dari dokter, katanya cuma sakit biasa, pas gw mintain surat diagnosisnya ternyata tumor, kacauu, bahkan dia sama sekali kaga baca surat dokter dan gak engeh sama sekali kalo ternyata tumor, dan setelah gw bilang “Ini tumor njir”, dia tiba-tiba masuk kekamar dan baca lagi suratnya, langsung pucet.

Kadang gedeg juga gw selalu bilang “yahh, hidup ini singkat” atau “hidup ini indah ya bang” taiiikkk, sampe w coba tanyain mbak gw yang ngerti dunia kesehatan, ternyata masih bisa disembuhin, bocah-bocah ditongkrongan juga sampe ngerokok diluar (biasanya didalem kamar wayan) demi menghargai hifdzi sakit, selama sakit dikamar murung, nyetel lagu sedih sampe pagi via leptopnya, kadang gw ketok kamarnya buat ngobrol, pas main sama kucing kayak heppi, dan balik lagi dengan kata-kata “hidup ini singkat” atau “nanti wisuda orang-orang ngasih bunga, gw dikasih bunga ditempat lain” wkwkwkwk taiikk banget, kadang w semangatin juga biar sembuh.

1 hari sebelum operasi kamarnya berantakan (emang berantakan sih biasanya) dan duitnya berserakan dimana-mana, sampe gw iseng bilang “gw ambil ya duit lu” dan katanya “ambil aja bang, gw gabutuh lagi” wkwkwkw, disangkanya gak berhasil operasinya. Dan disitu gw jadi ngebackup kerjaannya hifdzi buat frontend aplikasi yang dibuat, jadi gw pake 2 leptop sekaligus pas pengerjaannya, perkerjaan dobel biar cepet kelar, w ngebackup sampe hifdzi bener-bener sembuh waktu itu, kadang gedeg juga abis operasi disuruh istirahat malah ke lab, tangannya bocor jadi lama lagi sembuhnya dan gw nambah waktu backup kerjaannya, kacauuu, dan pas sembuh di cengin ama bocah-bocah, hahahaha. Tapi semua itu udah berlalu.

dibayarin hifdzi

Akhir Juni 2023, gw lanjut lagi ngoding bareng hifdzi, dan dibeliin kebab, hahaha, maklum tiap jumat itu ada promo gitu beli 2 cuma 18 rebu, kadang w sampe sekarang masih beli di promo itu, lumayan (tapi gak sering-sering banget). Haha makasih dzi.

Gw lagi ngoding bareng, tiba-tiba bocah-bocah pada dateng dan nongkrong bareng di tempat w, udah jadi mager gw ngoding malah keasikan ngobrol ini dan itu sama temen-temen gw, bahkan bahas tugas akhir bareng ama mereka.

Dan kamar gw pun jadi rame.

Malemnya tiba-tiba cewek gw agak aneh dan whatsapp sesuatu yang bikin gw panik, dan hifdzi juga tumben beres-beres kamar sampe matahin sapu, hahaha, bocah-bocah juga pada pindah ke kamar hifdzi, ternyata cewe gw tengah malem dateng bawa kue, dan ya itu hari level up gw.

Dateng-dateng bawa kue terus nangis sendiri, hahahah, kuenya gw potong-potong dan gw bagi ke bocah-bocah yang ada di kamar hifdzi.

Terimakasih banyak.

cewek w kasih kue ke gw

Akhir Juni 2023, gw sibuk ngurus berkas sidang gw, mepet pula waktunya kesel juga gw setelah kelar, di akhir bulannya kucing gw meninggal si gandenk, mungkin lebih lanjutnya lu bisa baca di Kucing Oren Gandenk.

Awal Juli 2023 jadwal sidangnya udah keluar, dan makin panik ketika tau ternyata pengujinya kaprodi dan dosen yang katanya paling seram, jadi yaudah gw gasin, hifdzi udah panik duluan, dan gw balik lagi cek kodingan mastiin aman dari bug, sanity check (pastiin inputan user aman, walaupun aneh-aneh bisa di handle) dan lain sebagainya, gw masih tetep aja begadang ngerjainnya, sampe akhirnya didetik terakhir begadang tidur pagi, dan siangnya sidang.

Pas sidang gada persiapan, surat berita acara aja sampe telat, dikasihnya pas lagi sidang (waktu itu tutup jadi harus nunggu), sampe sana diuji lama banget, gw masuk ruangan jam 1 keluar jam 4 sore, dan itu lama banget biasanya cuma 1-2 jam, diuji banyak salahnya, dari penulisan dan sebagainya, gw kadang debat juga, dan buku tugas akhir yang dibikin bener-bener berantakan, kacauu, data penelitian juga ilang gara-gara migrasi dari google ke microsoft, ya gitu lah, dan diakhir dikasih tau lulus gaknya, gaktaunya.

“Dengan berat hati, kami tidak bisa meluluskan kalian, tetapi kami punya opsi antara sidang ulang atau lulus bersyarat dengan nilai kecil”

Anjinggg, kacau banget, emang waktu itu buku pa gw major banget, kesalahannya banyak disitu, jadi bener-bener nyusunnya kayak main-main ngerjainnya dan hifdzi kebut semalam, tapi yaudahlah. Gw sama hifdzi dikasih waktu diskusi, dan menyepakati beberapa hal, dan akhirnya yaudah lulus bersyarat. Padahal gw niatnya kalo lulus sidang tanpa bersyarat gw mau tidur-tiduran, istirahat, mana udah beresin kamar juga, malah gajadi.

Dalam mengerjakan revisi gw dikasih waktu cuma 1 minggu doang dari normalnya 3 minggu, karena kaprodi gw cuti, jadi agak kacau kalau sampe gak kelar 1 minggu dengan revisi yang berjibun banyaknya, dan akhirnya gw kerjain revisi program gw dan hifdzi kerjain bukunya juga. Keluar ruangan sidang kayak kacau banget, bocah-bocah pada nungguin mau ngerayain ternyata batal karena timmingnya gak pas, dan akhirnya pergi makan ke warkop tempat nongkrong yaitu Sri Pandita Sukabirus, cewek gw ngebet pengen dateng dan rayain kayak orang-orang, tapi gw selalu bilang “gausah dateng, nanti pas wisuda aja”.

hifdzi dan kaprodi
gw dan kaprodi
buku ngasalll

Pas lagi ngerjain revisian gw dikabarin ama hifdzi kalo lembar pengesahannya juga ngasal, sampe dibuatin gambar sama kaprodi gw untuk revisiannya, hahaha.

Revisian selesai dalam 1 minggu dari program maupun buku, dan akhirnya presentasi ulang untuk revisiannya, awalnya ke dosen gw yang katanya seram, udah via meet, cuma masih ada revisi lagi, dan beberapa jam kemudian presentasi ke kaprodi, nunggu di gedung fakultas kreatif dan yaudha revisi, dapet tanda tangan untuk berkas revisian, dan ke dosen satu lagi juga sama pas beberapa hari lalunya (dihari senin).

Dan gw resmi menamatkan tugas akhir ini.

Eh engga deng, masih ada berkas-berkas yang harus di kerjain juga kayak jurnal, plaigarism dan lainnya, mana mepet deadline juga dan akhirnya selesai juga sih, balik kekosan bener-bener istirahat banget gak bangun-bangun atau bangun sore / malem, intinya seharian cuma tidur doang dah, dan itu enak banget.

Oiya Juni menjelang akhir gw juga foto ijazah bareng temen-temen juga buat syarat pendaftaran sidang tugas akhir, anjay gw pake topi koboi.

foto buat ijazah
selesai juga sidang (imam, gw, hifdzi, dimas)
selesai juga sidang (gw, hifdzi, dimas, imam)

Dan akhirnya gw foto bareng ama bocah-bocah gw kecuali wayan (karena dia akhir tahun 2023 sidangnya), awalnya mau pas setelah sidang, tapi malah setelah revisi sidang foto barengnya, merayakan selesai kuliah, dan sempet pesta pizza juga ditempatnya wayan.

Pas foto karena selesai revisian sidang, gw dateng ke danau galau, sebenernya sama temen-temen juga sih buat foto, dan akhirnya gw foto didanau galau kayak mikir.

“Anjir w udah lama juga ya disini, tapi kayak terlalu lama di danau galau bikin gw hancur”

ini difoto sama hifdzi, tadinya w mau buat foto perbandingan tahun pas masih mahasiswa baru 2017 sama pas selesai tugas akhir 2023 didanau galau, tapi ah mungkin w simpen buat nanti aja.

gw didanau galau
gw dan cewek gw

Besokan harinya, gw jalan sama cewek gw, lupa intinya daerah padalarang dari pagi jam 5 sampe sore, liat sunset.

Asli dingin banget, dan itu gw bener-bener ngejar sunset / sunrise entahlah apalah itu, cewe w bayarin gw makan, tadinya w gamau, pas liat cewek w makan mie kayak “wah enak juga, beli dah”, dibeliin tapi, hahahaha.

Dan diawal bulan (Agustus 2023) cewek gw seneng akhirnya gw bisa cukur rambut, soalnya w selalu nunda-nunda dengan alasan ngerjain tugas akhir, cewek gw selalu mengeong soal rambut gw yang udah panjang, hahaha.

baju wisuda

Beberapa hari sebelum wisuda, gw ambil toga baju wisuda bareng cewek w, tadinya pas pertengahan Agustus w ambil, tapi w balik kebekasi waktu itu sama cewek gw, mau naik wahana kora-kora pasar malem dideket rumah w ama ke museum patah hati dijakarta.

Gw ambil baju toga wisuda bareng dimas juga waktu itu, karena baru sampe bandung dan ngajakin bareng, akhirnya w iyain, dan bertiga ke lokasi pengambilan, dideket gedung rektorat gw sama dimas misah pulang ketempat masing-masing.

farewell party
farewell party (dimas, hifdzi, imam & gw)

Acara perpisahan 1 hari menjelang wisuda, gw dan temen-temen ya diundang dapet makanan gratis disana dan ambil selempang cumlaude, dari 4 bocah gw cuma hifdzi doang yang kaga cumlaude gara-gara masalah ama tes bahasa inggrisnya.

“Kadang apa yang lu liat sekarang ini bukan hal yg sebenarnya lu liat, serius gw.”

gw dan keluarga gw (abang w adri, bapak w, gw, ibu gw & kaka gw andika)

Keluarga gw pada dateng, bahkan cuma sehari doang pulang pergi bekasi – bandung, seengaknya w udah bisa wujudin impian ibu gw pengen banget w lulus dari universitas ini, bahkan gw kasih lebih sampe cumlaude, gw kadang suka minta maaf ke orangtua gw kalo gw lulusnya lama & telat, kadang ada hikmahnya juga sih, gw bisa menemukan sesuatu yang baru dan ngebangun berandalan jenius, mungkin beda cerita kalo gw lulus tepat waktu.

gw ama cewek gw
gw dan keluarga w + cewek gw

Terimakasih untuk orang-orang yang sudah terlibat, apalagi orangtua gw yang selalu mendoakan gw menjadi yang terbaik, cewek gw yang selalu masakin gw tiap hari makanan yang enak-enak, memberikan semangat dan temen-temen gw yang suka gangguin gw hahaha.

Timeline gw berantakan tapi ini timelinenya :

  • Agustus 2017, Masuk kuliah
  • Agustus 2019, Dropout
  • September 2019, Pulang kerumah dan gw membeli gitar pertama gw, yaitu Fender Mustang Purple (gw pake gitar ini selama rekaman berandalan jenius album genggaman)
  • Oktober 2019 – Maret 2020 Gw tur berkeliling kota di indonesia, mencari motivasi, kira-kira 12+ kota
  • Januari 2020, Berandalan Jenius
  • Agustus 2020, Balik lagi kuliah
  • Maret 2022, Balik lagi kebandung
  • Juni 2022 – Sekarang, Ngajar di kampus top dibandung
  • Nov 2022 – Juni 2023, Tugas Akhir
  • Juli 2023, Sidang Tugas Akhir
  • Agustus 2023, Wisuda & Cumlaude

Mungkin itu aja yang bisa gw share disini, maaf juga kalo kepanjangan, yaudah itu aja, terimakasih ya!

Hi, selamat kalian menemukan cerita rahasia ini, hehe, gw sadar bahwa gw mungkin harus menjalankan hidup menurut isi hati gw bukan dari omongan orang lain, terkadang omongan orang lain itu belum tentu benar, dan banyak sesuatu bahkan faktor yang akhirnya gw harus keluar dari kampus gw, terkadang gw juga iri liat temen-temen gw yang lurus aja timelinenya gak kayak gw berantakan kayak gini.

Banyak sesuatu hal yang gw dapatkan setelah keluar dari kampus, kayak insight, gw bisa main gitar (beli gitar) dan bikin berandalan jenius, ketemu orang orang baru & hebat, bertukar pikiran, bisa ngajar dikampus sampe sekarang, ketemu cewek gw yang nerima gw apa adanya bahkan bisa lulus dengan cumlaude, gw sangat-sangat bersykur untuk semua yang terjadi dalam hidup gw.

Walaupun gw sering bermimpi untuk kembali ke masa lalu dan mengikuti apa kata hati, tapi ya gapapa emang udah terjadi, tapi gw walaupun iri dengan teman-teman yang sukses, gw juga kayak “ah ternyata begini enak juga dan gak buruk banget”, mungkin itu aja sih.